13 Februari 2008

Fasilitas RDS di HP?

Asik juga melihat ada fitur RDS di HP terbaru belakangan ini. Tapi apa sih RDS itu? RDS adalah Radio Data Sytem, tidak mempengaruhi apapun terhadap materi siaran radio atau programnya.

RDS hanya berfungsi sebagai identitas dilayar HP, dimana radio tersebut tidak lagi menunjukan angka-angka gelombangnya, tetapi langsung keluar nama stasiun radionya. Misalnya Elshinta 90 FM, tidak akan keluar angka 90, tetapi langsung nama 'Elshinta', tanpa kita memasukan nama Elshinta pada memori list radio. Fasilitas tersebut juga ada di beberapa kendaraan terbaru, seperti Peugeot atau merek lainnya.

Sayangnya, belum ada stasiun radio yang menggunakan fasilitas itu secara maksimal. Paling-paling radio yang memiliki system itu hanya menggunakan RDS sebagai identity saja, belum digunakan sebagai "Alert Warning" bila terjadi bencana alam. Karena, tidak semua stasiun radio memiliki alat tersebut.

Alat RDS seperti audio processor, dia harus di pasang bersamaan di pemancar mereka. Tahun lalu, saya pernah menemukan RDS Radio Sonora, Trijaya dan Elshinta di HP Sony Ericsson P 990i. Tapi sekarang saya belum melihatnya lagi. Kemana? Rusak atau memang mereka merasa alat itu tidak maksimal? Saya tidak tahu alasan pastinya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf, bahasannya tak berkaitan dengan tajuknya. Saya cuma mahu tanya macam mana mendengar radio internet melalui telefon genggam. Misalnya saya mahu mendengar RIA FM Singapura (www.ria.sg). Apakah harus gunakan Symbian dan 3G.

Anonim mengatakan...

Saya tinggal di Bogor, Indonesia. Ada 1 radio aktif fasilitas RDS-nya, 94.1 FM Isinya : NagaswaraFM Radiotemen, Judul Lagu Yang Diputer, Info Lainnya... Bagus Sekali, Keren....

Tedy Bear mengatakan...

Salam Kenal,

Orang Awam Berkata :

Menurut RDS harus digunakan untuk hal yang lebih peting ketimbang menginisialisai nama dan tagline radio, bagus klo bisa di update tiap hari seputar kondisi cuaca atau peringatan bencana. saya suka pernyataan ini : "RDS belum digunakan sebagai "Alert Warning" bila terjadi bencana alam" mudah Mudahan Kedepannya RDS Bisa pemandu,memberi Informasi, dan memberiperingatan meski cuma informasi berupa teks...