25 Januari 2008

Positioning Adalah Nyawa Radio

Mengelola stasiun radio gampang-gampang usah kata sahabat saya yang saat ini masih sibuk dengan urusan siaran radionya. Tapi satu hal yang saya catat sebagai sesuatu yang paling penting dalam bisnis radio yaitu Positioning.

Melalui positioning, kita dapat mengenal dan akrab dengan sebuah stasiun radio sebagai stasiun radio apa. Karena positioning itu akan menunjukan jati diri radio atau format programnya kepada para pendengar setia, seperti Radio Dangdut, Radio Wanita Karier, Radio Classic Rock, Radio Pop Indonesia, Radio Jazz, Radio Humor, Radio Berita dan lain sebagainya.

Positioning memberi warna yang beragam bagi banyak stasiun radio. Bayangkan jika semua stasiun radio memiliki format siaran yang sama. Dangdut semua, Berita semua atau Campuran semua?! Wah, mau jadi apa masyarakat pendengar radio di tanah air ya? Tentu selain akan timbul kejenuhan, kreatifitas dalam merebutkan kue iklan menjadi terbatas.

Dengan positioning, semua radio dapat mengangkat keunggulan dari masing-masing posisi yang dipilihnya. Ada yang berdasarkan genre musik, usia, jenis kelamin, golongan pekerjaan dan lain-lain. Paling tidak, melalui salah satu stasiun radio tersebut akan terdapat sekumpulan orang yang bisa dipertimbangkan untuk berpromosinya suatu produk tertentu. Tergantung dari daya beli kelompok orang tersebut.

Melalui sahabat saya yang masih aktif mengelola stasiun radio saat ini, saya mengentahui bahwa di Indonesia positioning radio lebih variatif dari pada negara lain. Format siaran radio disini sangat kental dengan budaya yang berkembang. Hidup Radio Indonesia!

Moderator Dunia Radio

Tidak ada komentar: