04 Agustus 2009

Kematian Mbah Surip Gegerkan Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Mbah Surip semasa hidupnya mungkin selama ini hanya dikenal di Indonesia. Namun, siapa menyangka begitu meninggal bisa jadi langsung terkenal di seantero jagat.

Kenapa? Hanya dalam hitungan jam, berita mengenai Mbah Surip langsung melesat menjadi topik terpopuler di Twitter. Situs jaringan microblogging tersebut menempatkan kata kunci "Mbah Surip" di peringkat pertama mengalahkan topik-topik lainnya Michael Jackson bahkan Pemilu di Iran.

"Hahahahahha... banyak bule nanya "WHO IS MBAH SURIP?" hahahha...," tulis pengguna twitter dengan inisial JaneAdelaide. Bisa dibayangkan seperti itulah reaksi orang-orang AS, Jepang, Inggris, Brazil, Afrika Selatan saat memantau twitter dan meemukan posting Mbah Surip ini.

Sejak kabar meninggalnya Mbah Surip, penyanyi nyentrik yang terkenal dengan lagu "Tak Gendong" itu, Selasa (4/8), informasi tersebut memang langsung tersebar di dunia maya. Twitter salah satu tempat mengomentari kabar yang mengejutkan tersebut.

Kebanyakan tulisan di Twitter seputar ucapan duka cita atas kematian Mbah Surip. Namun, sejak masuk ke dalam Trending Topics Twitter siang harinya, banyak mengomentari fenomena tersebut.

"Gileee mbah surip jadi trending topics HA HA HA," tulis pengguna Twitter berinisial Selviavira.

Twitter saat ini memang telah bertransformasi tidak hanya menjadi situs microblogging yang melakukan update status semua anggotanya. Seiring pengguna yang banyak, Twitter menjadi alternatif situs berita. Posting status pengguna Twitter menjadi berita terhangat yang dapat dilihat semua orang termasuk bukan pengguna Twitter.

(kompas.com)

Tidak ada komentar: