20 Agustus 2009

M. Izzul Muslimin: LP (Radio) Swasta Jangan Partisan

Banyaknya bemunculan lembaga-lembaga penyiaran baru khususnya radio untuk melakukan proses perizinan patut untuk kita apresiasi. Langkah baik ini merupakan salah satu bentuk dari kesadaran sejumlah lembaga penyiaran tersebut untuk berusaha diakui sebagai lembaga yang legal. Meskipun demikian, kehadiran mereka ke tengah masyarakat harus benar-benar bisa memberikan informasi yang mendidik serta bermanfaat.

Harapan agar radio bisa memberikan banyak manfaat tersebut diungkapkan oleh Anggota KPI Pusat, Muhammad Izzul Muslimin, beberapa waktu yang lalu. “Kami mengapresiasi sikap sejumlah lembaga penyiaran yang mau melakukan proses permohonan penyelenggaraan penyiaran ke KPI. Langkah ini jelas sudah terlihat niat baiknya untuk mereka diakui sebagai lembaga penyiaran yang sah,” ungkapnya.

Bahkan, dalam sebuah EDP di Babel tempo lalu, Izzul menyatakan jika dirinya tidak akan ragu-ragu untuk memberikan rekomendasi kelayakan bagi lembaga penyiaran khususnya radio jika melihat niat baik dan kesungguhan dari lembaga penyiaran untuk bersiaran ke masyarakat. “KPI tentunya tidak akan ragu memberikan RK tersebut jika lembaga penyiaran tersebut konsisten dan sanggup menjalankannya,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Izzul meminta kepada setiap lembaga penyiaran khususnya radio yang sudah menjadi radio swasta yang ketika nanti sudah mendapatkan izin supaya tidak menjadi partisan. “Radio swasta tidak untuk satu golongan tertentu saja, radio swasta merupakan milik umum,” katanya.

Ditakutkan oleh Izzul kalau nantinya radio menjadi partisan akan cenderung membuat bumbu-bumbu konflik, apalagi kalau daerah tersebut rawan akan konflik. “Radio didaerah tertentu ada yang siarannya cenderung dapat menyebabkan gesekan-gesekan ditengah masyarakat dan juga memecah belah. Saya tidak ingin siaran radio itu membawa info permusuhan,” jelasnya di depan sejumlah lembaga penyiaran radio yang sedang melakukan proses EDP di Babel, pekan lalu.

Karenanya, Izzul menekankan agar setiap radio dapat memberikan informasi yang baik, mendidik dan bermanfaat bagi pendengarnya dan juga orang lain. Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar muatan lokal diporsikan lebih banyak dari siaran luar. “Sangat penting juga jika nantinya muatan lokal itu diangkat ke tingkat siaran yang menasional,” ungkapnya. (KPI)

Tidak ada komentar: