10 April 2008

Hanya Ada Satu Siaran Radio Di Lampung Barat Lho!

Keberadaan lembaga penyiaran di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung masih sangat minim. Lembaga penyiaran yang bersiaran di kabupaten yang terletak di pesisir barat pantai Sumatera itu hanya ada satu radio, yaitu Radio Ramosta Kurnia Jaya. Hal itu terungkap ketika acara evaluasi dengar pendapat antara KPI Pusat dengan lembaga penyiaran di Provinsi Lampung.

Menurut Kepala Balai Monitoring (Balmon) Provinsi Lampung, Yansen, dari 12 kanal yang tersedia di kabupaten Lampung Barat, baru satu kanal saja yang terpakai yakni oleh Radio Romusta. Oleh karena itu, kesempatan bagi lembaga penyiaran yang ingin bersiaran di sana masih sangat terbuka lebar.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh masyarakat Lampung yang hadir dalam acara tersebut menyatakan dukungannya terhadap keberadaan lembaga penyiaran di kabupaten Lampung Barat. Menurut mereka, adanya lembaga penyiaran di wilayah yang belum tersentuh oleh penyiaran lokal dapat membantu kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut. Hal senada juga diungkapkan oleh anggota KPI Pusat, Amar Ahmad. Menurutnya, KPI akan mendukung dan mendorong terus keberadaan lembaga penyiaran di daerah-daerah yang belum tersentuh oleh penyiaran. “Upaya ini juga dalam menjaga integritas bangsa dan juga dalam rangka menghindari adanya daerah-daerah yang blank spot,” katanya.

Ayo, siapa yang mau buka station radio di Lampung Barat? Masih terbuka lebar tuh kanalnya. Jangan hanya berani di kota-kota besar saja. Buktikan idealisme mu wahai para radioman!

Tidak ada komentar: