05 Oktober 2008

Aacara Zona 80 Sebagai "Flashback"-nya Ida Arimurti

Masih dari Harian Kompas : Tahun 1984-1990 seperti diakui Ida adalah masa ketika pamornya gilang gemilang. Ia menjadi penyiar yang selalu dicari. ”Saya sampai kenal banyak menteri Orde Baru. Pak Domo itu bisa mampir ke radio sehabis jalan-jalan. Jujur, karena pertemanan, saya termasuk satu yang memanfaatkan katebelece Pak Domo,” papar Ida.

Ceritanya, Ida bersama beberapa teman di radio akan meliput acara di sebuah tempat yang cukup terpencil. Karena merasa tidak tenang, Ida meminta ”coretan tangan” Soedomo. Isinya, ”Tolong jaga anak-anak saya”, dan surat sakti itu diberikan kepada pemimpin keamanan tempat Ida dan teman-teman meliput. ”Kami benar-benar dijaga,” ujarnya.

Masa gemilang itu membuat banyak produser menawarinya main sinetron, yang booming pada tahun 1990. Namun, bagi Ida, tidak ada jagat yang lebih menarik dan menantang selain radio. Ia bisa merasakannya karena ia pernah merangkap kerja, di radio dan TVRI (saat masih dikomandoi Ishadi SK) selama empat tahun. Sempat bimbang mau melepas salah satunya, ia akhirnya berketetapan melepas kariernya di TVRI.

Lantas, mengapa Ida akhirnya mau juga muncul di layar kaca, memandu program Zona 80 di Metro TV? ”Hmm…. Aku tergerak karena acara itu adalah flashback aku. Tahun 1980 itu masaku, duniaku banget. Setelah 25 tahun di radio, Allah kasih jalan aku untuk napak tilas perjalanan aku lewat Zona 80,” tuturnya.

Di Zona 80, ia mendapatkan lebih banyak sahabat. Ia sempat diprotes pemirsa televisi kok menampilkan penyanyi dengan lagu cengeng. ”Padahal, banyak yang aku dapat. Sejak di Zona 80, aku jadi mengetahui bagaimana kehidupan penyanyi era 1980-an itu saat ini. Dulu bagaimana, sekarang bagaimana. Aku jadi tahu bagaimana perjuangan penyanyi Ratih Purwasih, misalnya,” paparnya panjang. Sambungnya lagi, ”Dan itu mengingatkan bagaimana aku dulu.”

2 komentar:

Indonesian Dreaming mengatakan...

zona 80 lumayan lah sebagai hiburan jadul hehehe

Anonim mengatakan...

Ida itu penyiar yang jadul itu ya? Gak pernah dengar siarannya lagi. Zaman gue masih SMS dulu pernah dengar juga seh