15 Juni 2009

Bhinneka Tunggal Ika Radio PPI Dunia

Radio Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia diawaki 45 penyiar beragam latarbelakang. Mereka ini merupakan cerminan dari Bhineka Tunggal Ika, semboyan bangsa.

Hal itu disampaikan Koordinator Penyiar Radio PPI Dunia Honesty Yanwirsal dari PPI Jerman kepada detikcom hari ini, Sabtu (16/5/2009). Radio para pelajar Indonesia sedunia tersebut akan diluncurkan Senin lusa.

"Variasi warna telah terbukti dengan bersatunya 45 penyiar di bawah naungan satu radio bersama Radio PPI Dunia. Mereka sedang studi di berbagai negara dengan karakter dan ciri khas masing-masing," ujar Honesty, yang akrab disapa Inest.

Menurut Inest, Radio PPI Dunia merupakan simbol istimewa karya anak bangsa yang tak ternilai, di mana rasa persatuan dan cinta terhadap bangsa terbangun dan tumbuh melalui suara pemuda Indonesia di seluruh dunia.

Konten Program

Koordinator Program sekaligus Sekjen PPI Belanda Yohanes 'Masboi' Widodo kepada detikcom mengatakan bahwa program-program Radio PPI Dunia berkonsep citizen broadcasting ini mempunyai keunikan tersendiri, meliputi informasi, edukasi, kontrol sosial dan hiburan.

Untuk materi informasi akan disajikan dalam format berita, feature tentang dinamika yang terjadi di Indonesia dan dunia. Sedangkan untuk edukasi akan menyajikan materi pendidikan, seperti penemuan-penemuan terbaru di bidang iptek.

Sementara sebagai media kontrol sosial Radio PPI Dunia akan menyampaikan informasi dan kritik sosial ala pelajar dan mahasiswa. Dan sebagai hiburan, radio ini akan menghibur sobat PPI Dunia dengan program sajian salam dan lagu.

Menurut Masboi, radio ini diharapkan bisa menjadi ruang publik untuk melihat, mengkaji, mendiskusikan, dan mencari masukan menuju Indonesia yang lebih baik.

"Apalagi karena sumber daya radio ini adalah para pelajar Indonesia yang terdidik di luar negeri. Mereka bisa saling menularkan ilmu, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan lewat radio ini," tandas Masboi.

Ada tiga program andalan radio ini, yakni paket berita, perbincangan dan musik berupa salam dan lagu, tangga lagu, atau sajian musik bertema tertentu. (detik.com)

Tidak ada komentar: