18 April 2010

Wereldomroep meluncurkan web ‘Most Wanted’

Radio Nederland Wereldomroep hari ini meluncurkan dosir web yang lengkap dan interaktif dalam 7 bahasa tentang Hak Azasi Manusia (HAM) dan tahanan politik: www.rnw.nl/tahananpolitik. Dalam dosir web yang berjudul ‘Most Wanted’ kami menampilkan potret anggota keluarga para tahanan politik.

Peluncuran ini diselenggarakan saat berlangsungnya konferensi ‘Human Rights & (New) Media’ di Den Haag. Dosir web dan video merupakan hasil kerja sama dengan IDTV.

Most Wanted merupakan dosir web dalam tujuh bahasa dan memuat tayangan video yang menyentuh hati dan mengandung informasi terpercaya mengenai perkembangan dan pembahasan terkini tentang HAM. Dalam delapan video para anggota keluarga tahanan politik dari Kuba, Uzbekistan, China, Iran, Eritrea, Indonesia, Azerbaijan, dan Kolombia bercerita. Dosir web ini terbit dalam bahasa Belanda, Inggris, Spanyol, Indonesia, China, Arab, dan Perancis.

Rik Rensen, pemimpin redaksi Radio Nederland Wereldomroep: “Para tahanan yang ditayangkan ini berasal dari daerah-daerah yang kebebasan mengeluarkan pendapat dan kebebasan pers terbatas. Justru di daerah-daerah ini Radio Nederland Wereldomroep melakukan aktivitasnya dan perlu adanya perhatian terhadap kisah pribadi para tahanan politik.”

Dosir web ini terutama membahas tahanan politik yang tidak dikenal. Mengapa mereka ditahan dan dalam kondisi apa? Bagaimana para anggota keluarga menghadapi tuntutan terhadap orang yang mereka sayangi itu dan terkadang sudah bertahun-tahun dilarang untuk berhubungan? Bagaimana LSM HAM memanfaatkan berbagai jaringan media sosial untuk melakukan aksi mendorong pembebasan tahanan politik? Radio Nederland Wereldomroep membentuk suatu platform yang dapat digunakan para anggota keluarga, sahabat dan organisasi untuk bertukar informasi dan pengalaman.

Tidak ada komentar: