26 Oktober 2008

Sejenak Merasa Muda Kembali via Radio

Tulisan Harian Kompas Minggu : Acara Lingkaran Keluarga di Radio Lita FM 90.95 Bandung dibuka dengan instrumental lagu Where Have All the Flowers Gone yang versi vokalnya dipopulerkan kelompok Brothers Four. Lirik awalnya ”Where have all the flowers gone, long time passing/ Where have all the flowers gone, long time ago...”.
Lagu itu aslinya merupakan satire terhadap perang. Namun, di Radio Lita, lagu itu seakan memanggil para ”bunga” yang telah melewati masa-masa silam. Begitu lagu itu terdengar pada pukul 09.00, orang harus berjuang keras untuk menelepon ke studio Radio Lita. Pasalnya, satu saluran yang disediakan Lita nyaris mampat. Itu akibat saking banyaknya pendengar yang ingin mengudara untuk meminta lagu dan berkirim salam kepada sesama pencinta lagu lama.
Pendengar juga bisa memesan lagu lewat SMS. Setiap hari ada sekitar 100 sampai 200 SMS masuk. Tidak semua lagu bisa dipenuhi karena durasi program yang tiga jam. Karena SMS antre, mereka yang mencuri start dengan menelepon sebelum pukul 09.00 dianggap gugur.

Acara Lingkaran Keluarga dinikmati orang yang bekerja di Gedung Sate, pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Di rumah sakit, hotel-hotel, kantor-kantor swasta di mana ada orang-orang berusia 45 tahun ke atas yang menikmati kenangan lewat lagu lawas.
Radio Lita berusaha menyuguhkan lagu versi orisinal. ”Lagu lama yang dikemas dengan aransemen baru akan kehilangan rasa masa lalunya,” kata Teh Imas, nama udara dari pengasuh acara yang bernama lengkap Imas Siti Rokayah.

Koleksi lagu lama Lita terus bertambah karena banyak pendengar yang rela menyumbangkan piringan hitam. Penyumbang itu ingin berbagi kenangan dengan rekan segenerasi.
”Saya seneng mengasuh acara ini karena bisa memberi arti kepada pendengar. Masa lalu kan tak bisa datang kembali. Namun, lewat lagu, masa lalu itu seperti hadir. Untuk sejenak mereka merasa muda kembali he-he...,” kata Teh Imas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

great for radio