14 Juli 2009

Disambut Baik Gagasan Kerjasama Radio Bulgaria dan RRI

Digagas kerjasama antara Bulgarian National Radio (BNR) dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Kerjasama ini dinilai akan meningkatkan hubungan bilateral dan saling mengenal rakyat kedua negara.

Gagasan kerjasama BNR dengan RRI itu disampaikan Dubes RI di Sofia, Immanuel Robert Inkiriwang, saat berkunjung ke kantor radio nasional tersebut, 9/7/2009. Dirjen BNR Valeri Todorov, didampingi Direktur Kanal Hristo Botev, Pauliana Novakova, menyambut baik gagasan kerjasama ini.

Kepada Todorov, Inkiriwang menekankan arti penting kerjasama antara kedua radio nasional dalam rangka lebih meningkatkan kerjasama bilateral RI-Bulgaria, yang telah terjalin dengan baik selama 53 tahun.

"Kerjasama bilateral dapat lebih meningkat apabila rakyat kedua negara lebih saling mengenal. Dalam hal ini radio memainkan peranan vital untuk mendukung upaya lebih mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Bulgaria," ujar Inkiriwang, didampingi staf, Ketua dan anggota Darma Wanita Persatuan.

Todorov juga menyetujui saran agar diadakan program penyiaran musik dan lagu-lagu traditional dan pop Indonesia selama 30 menit, demikian seperti dituturkan Sekretaris III Pensosbud Protkon Aditya Timoranto kepada detikcom malam ini.

Pada kunjungan itu Inkiriwang menerima permintaan mendadak untuk wawancara singkat mengenai perkembangan hubungan bilateral RI-Bulgaria. Ia menekankan bahwa hubungan baik yang telah terjalin selama 53 tahun perlu lebih ditingkatkan dengan memberikan prioritas kerjasama di bidang ekonomi, terutama perdagangan, investasi dan pariwisata.

Didirikan di 1930, radio nasional Bulgaria BNR ini merupakan media massa terbesar di negeri itu dengan 10 stasiun radio dan 3 kanal, terdiri dari 2 kanal nasional (Horizon, Hristo Botev) dan Radio Bulgaria dalam 11 bahasa asing (Bulgaria, Rusia, Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Serbia, Yunani, Albania, Turki dan Arab).

BNR juga memiliki 7 programa regional di Plovdiv, Varna, Shumen, Stara Zagora, Blagoevgrad, Sofia dan Vidin. BNR mengudara di frekuensi SW, MW, serta FM dan jangkauan siarannya di Bulgaria mencapai 90%. Radio ini juga menaungi 4 kelompok musik yaitu symphony orchestra, mixed choir, children’s choir dan big band. (detik.com)

2 komentar:

Radio Yobel Fm mengatakan...

http://yobel1079.blogspot.com/

Dhimas HR mengatakan...

hari kamis tanggal 20 Agustus kemarin ada pelaksanaan Sweeping radio untuk wilayah Jawa Tengah Khususnya daerah Comal Pemalang dan sekitarnya, mereka lebih kepada radio - radio komunitas tetapi semoga langkah tersebut tidak menyurutkan radio komunitas untuk terus menyampaikan informasi yg dibutuhkan warga komunitasnya meski belum memiliki ijin dan semoga pengurus radio komunitas berkehendak untuk segera mengurus regulasinya agar tidak berbenturan dengan aturan main pemerintah.