05 Januari 2009

Radio Suara Qalbu Berhasil Memikat Pendengar di Bangka

ANTARA News : Komunitas pendengar radio Muslim Suara Qalbu di Bangka meningkat sejalan makin beragam dan meningkatnya kualitas program serta konsistensi dalam menyiarkan program-program dakwah.

Pembina radio Suara Qalbu Bangka, Hasan Rumata, di Pangkalpinang, Sabtu, menyatakan, setiap hari belasan ribu orang mendengarkan siaran radio yang dimulai menjelang Subuh hingga pukul 23.00 WIB malam itu atau meningkat duakali lipat dibanding setahun lalu. "Pendengarnya beragam mulai dari anak-anak hingga orang tua. Mereka merasakan manfaat mendengarkan radio berupa peningkatan keimanan kepada Allah SWT," ujar ketua forum umat Islam Provinsi Bangka Belitung itu.

Radio yang mengudara di frekuensi 104.3 FM tersebut menyampaikan materi siaran berupa program menjelang fajar, kuliah subuh, dhuham acara dangdut, tembang kenangan, kuliah senja, dari dai untuk umat, pengajian menjelang magrib, dialog tokoh nasional serta siraman rohani malam. Hasan menyatakan manajemen radio sudah mampu mendanai kegiatan sendiri dari pemasukan berbagai iklan serta bantuan simpatisan.

"Sekarang iklan kita cukup banyak mulai dari bank syariah, Telkom, toko, rumah makan, perusahaan air minum, sepeda motor dan lainnya dengan jangkauan siaran hingga Bangka Tengah dan Bangka Barat," ujarnya.

Selain itu, manajemen juga seringkali mendapat iklan ucapan selamat, iklan parpol dan iklan duka dari berbagai kalangan yang ingin pesannya bisa didengar komunitas radio muslim tersebut. Ia mengatakan, respon dari pendengar sangat bagus. Bahkan pada acara tertentu seperti pawai 17 Agustus, komunitas radio ikut serta berpawai dalam mempromosikan radio tersebut dan mendanai sendiri kegiatanya.

Kini manajemen radio Suara Qalbu juga ikut serta membantu anak miskin yang putus sekolah dengan mendanai pendidikan mereka di pesantren di Yogyakarta. "Dananya berasal dari bantuan penggemar yang berkeinginan agar warga kurang mampu bisa mengenyam pendidikan sebagai bekal mereka kelak dalam berinteraksi dimasyarakat," ujarnya.

Hasan berharap radio yang dikelola PT Suara Qalbu Radio itu bisa tetap eksis dan bahkan meningkat baik jangkauan maupun program-programnya dalam memberikan pencerahan dan kerukunan antarumat.

Tidak ada komentar: