28 September 2008

Mahasiswa Indonesia di Australia Luncurkan Radio Berbasis Internet

Antara memberitakan bahwa Mahasiswa Indonesia di Negara Bagian Queensland, Australia, selangkah lebih maju dalam mengkomunikasikan berbagai ide dan dinamika kegiatannya dengan peluncuran radio berbasis internet yang diberi nama "Web Radio Pelajar Indonesia Queensland (WRPIQ)". Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Cabang Queensland, Reymanditya Poerwito, kepada ANTARA di Brisbane, mengatakan, WRPIQ resmi diluncurkan pada 25 September sebagai media penyaluran informasi secara global melalui situs PPIA Queensland (www.ppia-qld.org). "Kita `upload` programnya lalu kita dengarkan lewat situs PPIA Queensland," katanya.

Reymanditya mengatakan, para pengelola WRPIQ menyediakan "rekaman" siaran baru setiap Selasa. Informasi PPIA Queensland menyebutkan, pembentukan radio berbasis internet ini merupakan inisiatif para aktivis PPIA untuk mempersatukan para pelajar Indonesia yang berdomisili di negara bagian Queensland. Siaran perdana yang dibuka dengan program "Buat Kita-Kita" (BUTA) mengudara pada 8 September. Program BUTA itu sendiri terdiri atas sejumlah segmen, seperti BUTA PPIA (informasi terbaru dari PPIA), BUTA Event (rencana-rencana kegiatan PPIA), BUTA Jajan dan Jalan, dan BUTA Film (film-film layak tonton).

Para pengelola QRPIQ juga menyelipkan acara BUTA lagu-lagu Indonesia untuk membantu kalangan pelajar dan mahasiswa Indonesia menghilangkan rasa rindu mereka pada tembang-tembang khas Tanah Air serta BUTA Tips yang memuat informasi ringan tentang kesehatan dan hal-hal lain yang bermanfaat.

Tidak ada komentar: