10 Oktober 2009

Radio Korban Gempa di Sumbar Mulai Mengudara Kembali

Setelah tidak beroperasi selama hampir seminggu semenjak peristiwa gempa pada 30 September lalu, mulai Kamis Malam 08 Oktober 2009, RADIO ARBES Padang bisa melakukan kembali aktivitasnya mengudara melalui frekuensi 101 FM.

Hal itu terwujud setelah seperangkat alat alat di ruang siaran yang telah berhasil dipindahkan ke ruangan gedung yang tidak mengalami kerusakan akibat gempa serta didirkannya tower darurat di bagian lain belakang studio radio yang berada di jalan Ratulangi Kota Padang.

Arbes mengudara dengan tower hanya dua steak yang masih bisa dimanfaatkan, setinggi sekitar 20 meter dari permukaan tanah, dengan menggunakan dua buah antenna rakitan. Power transmitter yang biasanya dalam kondisi normal berkekuatan 3000 watt, selama siaran darurat ini akan digunakan hanya 1000 watt. Untungnya alat-alat di ruang siaran, ruang rekaman, ruang pemancar dapat diselamatkan.

Kehadiran Arbes FM di udara Kota Padang dan sekitarnya menambah jumlah radio siaran yang berhasil beroperasi setelah terkena gempa. Sebelumnya telah mengudara lebih awal Sushi FM, Padang FM, Suara Subuh FM, dan Radio DB. Sedang dua radio lainnya SIPP FM dan Radio Kartika Padang hingga saat ini masih berbeanh untuk mengudara kembali.

Tidak ada komentar: