23 April 2009

Penyiar Radio di Lampung Dilatih KPID

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai medium peningkatan sumber daya manusia, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Lampung melaksanakan pelatihan bagi praktisi penyiar radio se-provinsi Lampung selasa (22/4). Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Indra Puri dengan pembicara dari kalangan profesional broadcaster dan akademisi

Menurut koordinator bidang kelembagaan KPI Daerah Lampung, Ahmad Novriwan, kegiatan ini sebagai salah program kerja KPI Daerah dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalisme penyiaran radio di Lampung. ”KPI Daerah berkeinginan meningkatkan kemampuan profesionalime para praktisi broadcasting di Lampung,” Ujar Novriwan. Sehingga lebih memahami pedoman perilaku penyiaran (P3) dan standar program siaran (SPS) yang menjadi pedoman bagi setiap lembaga penyiaran baik radio maupun televisi lokal.

Dalam pelatihan ini, materi yang akan disajikan yaitu Kebijaksanaan Pemerintah Daerah dalam Mendukung Penyiaran di Daerah. Jurnalistik Broadcasting, Komunikasi dalam Penyiaran Radio, serta Kiat Untuk Penyiar Radio. Pemateri yang menjadi narasumber adalah, Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Jakarta Kabul Budiono, Ketua PD PRSSNI Lampung dan akademisi dari jurusan komunikasi Fisip Unila.

Menurut ketua KPI Daerah Lampung Ansyori Bangsaradin bahwa pelatihan bagi penyiar radio dilaksanakan agar setiap lembaga penyiaran radio baik swasta, komunitas dan radio publik mempunyai pemahaman yang sama dan mempunyai kemampuan profesionalisme dalam pengelolaan radio. ”KPI Daerah berharap setiap radio baik swasta, komunitas dan publik dikelola secara profesional dan mematuhi pedoman perilaku penyiaran (P3) serta mempunyai Standar Program Siaran yang baik,” kata anasyori. Karena lembaga penyiaran radio memilki fungsi sebagai media informasi dan bertanggung jawab terhadap materi siaran yang mendidik serta mencerdaskan pendengarnya.

Selain menyelenggarakan pelatihan bagi penyiar radio, KPI Daerah juga akan mengelar pelatihan bagi praktisi dan pengelola televisi lokal. (KPID Lampung)

1 komentar:

BRAM WIJAYA mengatakan...

Salam kenal , semoga dunia siaran dan para penyiar semakin berdaya dan sukses