30 Desember 2009

Pembahasan Trend 2010 di Radio Nederland

Menabung, kepemimpinan dan spiritualitas sekarang sedang disukai. Berhutang, pakaian dalam, dan warna lembayung sudah tidak mode lagi. Radio Nederland bertanya pada Adjiedj Bakas, pengamat trend Belanda, untuk meramalkan tahun 2010.

Tahun 2010 akan penuh gejolak. Menurut penanggalan Cina, tahun depan adalah tahun Macan Putih. Seperti layaknya seekor macan, maka tahun 2010 akan menjadi tahun yang pasti tidak akan membosankan dan tenang. Demikian pengamat trend Adjiedj Bakas. Guncang-ganjing ekonomi belum akan berakhir. Bakas meramalkan ekonomi masih akan mengalami keterpurukan lagi sebelum resesi berakhir.

Hidup lebih sederhana
Pengangguran akan meningkat tahun 2010 dan Bakas meramalkan konsumen akan berhati-hati dalam mengeluarkan uang. 'Konsumen masih akan berhati-hati, menabung lebih banyak dan hidup lebih sederhana'. Barang bekas masih tetap diminati. Konsumen sangat kritis terhadap harga barang. "Mereka berpikir: saya hanya bisa sekali mengeluarkan uang. Saya harus berhati-hati soal apa dan bagaimana membelanjakan uang'. Lebih mudah untuk menawar, dan berkat internet lebih mudah membandingkan harga.

Putus hubungan pertemanan
Populernya penggunaan media sosial akan menyebabkan gangguan semakin besar tahun depan. Orang-orang terkenal Belanda akan menyaksikan pesan yang mereka sampaikan melalui Twitter berdampak lebih besar dari yang mereka duga. Terkadang ini menjadi alasan untuk berhenti menggunakan nama samaran. Sedangkan orang Belanda lainnya 'putus hubungan pertemanan': meninggalkan teman-teman virtualnya dengan mengeluarkan mereka dari daftar nama di jejaring situs web. Jadi tidaklah percuma kata 'putus hubungan pertemanan' terpilih sebagai kata tahun 2009 di Belanda.

Ketegangan
Di masa ketegangan sosial besar, maka kekerasan domestik, perceraian, dan pertengkaran antartetangga, akan meningkat pula. Obat tidur sangat diminati. "Selalu demikian, di masa resesi orang tidur kurang nyenyak." Bakas juga melihat cinta dan gairah sebagai tema penting tahun 2010. Jatuh cinta di usia senja, akan semakin sering terjadi di tahun 2010. Orang-orang di usia 40 dan 50 tahun akan semakin banyak menyaksikan orangtua mereka bercerai dan jatuh cinta kembali. ''Kita akan banyak menjumpai orang tua yang memulai hubungan baru. Kita juga akan semakin mudah menerima hal itu', kata Bakas.

Anggaran
Konsumen berhemat, tapi juga menyisihkan uang untuk hal-hal menyenangkan. Bakas meramalkan sekitar 10% pendapatan pertahun akan ditabung untuk hal ini. Orang dengan uang sedikit akan membeli misalnya sepatu baru dan iuran klub olah raga. 'Konsumen berpikir: saya akan berhemat selama tiga minggu untuk tidak membeli pakaian, kemudian saya akan beli pakaian baru yang sangat saya sukai'. Yang lainnya akan beli permata atau berlibur. 'Anggaran untuk hal-hal menyenangkan ini akan mampu mempertahankan suasana hati'.

Di masa ketidakpastian, sebagian besar orang akan lebih menghargai penampilan. Penampilan acak-acakan tidak lagi disukai di tahun 2010 karena orang tidak akan membiarkan dirinya kehilangan pekerjaan atau tidak mendapat promosi hanya gara-gara penampilan. Bahan dari kulit, baik yang palsu maupun asli, akan semakin populer. Apabila menyangkut lingkungan, maka warga akan semakin jenuh. "Mereka jenuh dengan hingar-bingar eko yang melanda negeri ini".

Babi kecil akan menjadi binatang piaran baru di tahun 2010, dan anjing ras chihuahua tidak diminati lagi. Babi mini ini diternakkan secara khusus untuk dijadikan binatang rumah. "Anda lihat film di youtube, sudah ada banyak komunikasi mengenai ini di internet. Di Belanda, anda bisa buka situs minivarkentjes.nl, di mana orang saling bertukar tips mengenainya. Memang itu binatang yang sangat cantik dengan ekor melingkar, dan sangat pintar. Umurnya lebih panjang dari seekor kucing atau anjing dan orang menyukai ini." (RNW)

Tidak ada komentar: