17 November 2008

Radio Mercurius Rebut Tiga Kategori Penghargaan KPID Sulsel Award 2008

Radio Mercurius Top FM merebut tiga kategori penghargaan pada malam penganugrahan KPID Sulsel Award 2008. Masing-masing untuk program hiburan radio terbaik, manajemen lembaga penyiaran terbaik (dari sisi tertib administrasi dan pengelolaan), dan penghargaan khusus inspiring programme.

Acara hiburan "Bintang Khatulistiwa" milik radio yang mengudara pada frekuensi 103,4 FM berhasil menyingkirkan pesaing mereka. Untuk penghargaan khusus, Mercurius dengan acara Obrolan Waroeng Kopi yang digelar setiap hari Rabu di Waroeng Kopi Phoenam diberikan bersama dua radio lainnya "Bekas tapi Mulus" (Radio Telstas) dan "Pacarita" (Gamasi FM).

Malam Penganugrahan KPID Award 2008 dilaksanakan di D’Liquid, Clarion Hotel and Convention, Makassar. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Ketua KPID Sulsel Aswar Hasan, pengelola radio dan televisi se-Sulawesi Selatan, serta tamu undangan. Nuansa berbeda ditampilkan panitia pelaksana dari pelaksanaan penghargaan KPID award sebelumnya.

Selain memberikan penghargaan kepada program siaran radio dan televisi lokal Makassar, penghargaan juga diberikan juga kepada individu atau kelompok yang memberikan sumbangsih terhadap perkembangan radio di Makassar. Adapun tim penilai atau juri terdiri dari KPID dan budayawan Ishak Ngeljaratan serta akademisi Andi Alimuddin Unde. Yang menarik dalam pemberian penghargaan dunia penyiaran di Sulsel adalah persaingan radio dan televisi pemerintah dengan swasta.

TVRI Sulsel berhasil meraih dua penghargaan sebagai televisi dengan program terbaik, kategori hiburan dalam acaranya “Evolution for Your Concert”. Program televisi berplat merah ini menayangkan lagu-lagu daerah sebagai materi andalan hiburan mereka. Sementara program terbaik kategori feature dengan nama program ”Diantara Dua Sisi”. Dengan dua katagori penghargaan tersebut, boleh dikatakan taji televisi pemerintah ini masih sangat layak diperhitungkan dalam persaingannya dalam industri media pertelevisian di Makassar.

Begitu pula dengan RRI yang juga membawa pulang dua penghargaan. Program acara radio terbaik kategori berita yakni "Kunantikan Kearifanmu" dan program radio kategori feature berjudul ‘Asa yang Tak Pernah Sirna di Batu-batu’. Kategori penghargaan yang baru diadakan pada tahun ini adalah lifetime achievement untuk praktisi dan pemerhati. Untuk praktisi diberikan kepada H Abdul Hamid BA dalam perannya sebagai pendiri Radio Gamasi. Almarhum DR Mansyur Semma juga diberikan penghargaan tersebut atas perhatian dan sumbangsihnya dalam kemajuan lembaga penyiaran dan media di Makassar.

Dalam sambutaannya, Gubernur Syahrul mengatakan, sangat memberikan perhatian atas prakarsa KPID membuat kegiatan KPID Award 2008 ini. Dia mengatakan, kemajuan suatu daerah tidak terlepas dari pemberitaan media yang ada di daerah itu termasuk dalam hal ini radio. (KPI)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat deh atas penghargaannya... Maju terus!!!